Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Toraja Utara Target Intervensi Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi Lahir di Sulsel

Rabu, 30 Maret 2022 | 07.25 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-29T23:25:40Z
(Dok: Rahmad/INFOPEMUDA.ID)

BERITA.INFOPEMUDA.ID, TORUT - Toraja Utara salah satu dari empat kabupaten kota di provinsi Sulawesi Selatan yang menjadi lokus perhatian khusus dari Program penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir berdasarkan catatan dinas kesehatan TorajaUtara.


Angka Kematian Ibu (AKI) , pada tahun 2019 sebanyak 7 orang ,pada tahun  2020 5 orang , pada tahun 2021 sebanyak 1 orang, sedangkan kematian bayi baru lahir pada tahun 2019  sebanyak 28 orang dan pada tahun 2020 sebanyak 20 orang,dan pada tahun 2021 sebanyak 10 orang.


Hal ini menjadi salah kabupaten kota yang menjadi intervensi program US Agency For Internasional Development ( USAID) dan Momentum Private Healthcare Delivery (MPHD) ,dalam rangka penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir .


hal ini diungkapkan Dr.Salwa Muhtar, Mars. Senior program manager USAID dan MPHD Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu di marante kepada media ini usai memberikan materi di acara lokakarya identifikasi  tim Pokja penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir yang di buka oleh PJ . sekretaris daerah Salvinus Pasang.


Ada empat kabupaten kota yg menjadi lokus Antara lain Makassar ,Gowa, Bulukumba,dan TorajaUtara oleh karena itu MPHD memfasilitasi terbentuknya Pokja dalam rangka penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir.


Sedang kabupaten Gowa dan Makassar sdh kita intervensi di tahun pertama di 2021 dan  Pada tahun 2022 sampai 2025 di lakukan intervensi kabupaten Bulukumba dan TorajaUtara  kata dr Salwa. (Rahmad)

×
Berita Terbaru Update