Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringati Valentine, Pramuka Gudep Ambalan SMKN 3 Tana Toraja Bersihkan Sekolah dan Jalan Umum

Senin, 14 Februari 2022 | 21.50 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-18T15:46:36Z

Peringati Valentine, Pramuka gugus depan Ambalan SMKN 3 Tana Toraja bersihkan lingkungan Ulusalu, kecamatan Saluputti Tana Toraja.
BERITA.INFOPEMUDA.ID - Hari Valentine yang juga disebut hari kasih sayang yang diperingati pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya, dirayakan Pramuka gugus depan Ambalan SMKN 3 Tana Toraja dengan melaksanakan kerja bakti. Senin (14/2/2022).


Bukan kali ini saja, moment Valentine pada 2020 lalu, Pramuka Gudep SMKN 3 Tana Toraja yang berlokasi di Ra'bung kecamatan Saluputti juga melakukan hal yang sama yaitu membersihkan di sekitar area lapangan Ulusalu, Saluputti.


Dimulai sejak pagi hari, sejumlah anggota Pramuka membersikan lingkungan Sekolah kemudian terjun ke jalan umum dan lapangan Ulusalu. Mereka membersihkan sampah bahan plastik serta membersikan drainase di sekitar lapangan.

Anggota Pramuka SMKN 3 Tana Toraja bersihkan selokan di sekitar lapangan Ulusalu
Pembina Pramuka SMKN 3 Tana Toraja Arnold Marusa' S.Pd mengatakan, kasih sayang tidak hanya diperuntukan bagi sesama manusia. Oleh karenanya, alam yang juga ciptaan Tuhan harus dirawat dan dijaga dengan kasih.


"Dalam rangka hari valentine, pramuka SMKN 3 Tana Toraja melakukan bakti sosial dari lingkungan sekolah dan sekitar lapangan ulusalu. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memaknai bahwa bukan hanya sesama manusia yang kita harus sayangi tetapi juga alam dan lingkungan sekitar kita termasuk makhluk hidup," ungkapnya.


"Pramuka tidak hanya mengajarkan tentang kemandirian tetapi juga peduli terhadap alam dan lingkungan, mari menjaga alam maka alam akan menjaga kita," lanjut Arnold.


Senada penjelasan Pembina, Ketua Pramuka Gudep Ambalan SMKN 3 Tana Toraja Anjas Appang juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya, alam adalah salah satu sumber kehidupan yang harus dilestarikan.


Sementara itu, salah seorang alumni SMKN 3 Tana Toraja yang masih aktif di ke-Pramukaan megapresiasi tindakan juniornya membersihkan sampah plastik. Menurutnya sampah bahan plastik tidak bisa terurai didalam tanah, sehingga sewaktu-waktu bisa menyebabkan bencana yang tidak kita duga. 


Selain itu, kegiatan ini sesuai dengan Dasa Darma Pramuka nomor dua yang berbunyi ‘Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia’. 


"Kegiatan positif seperti ini selain lingkungan terlihat bersih juga akan tercipta semangat gotong royong serta kebersamaan. Dan juga bukan hanya Manusia yang di sayangi tetapi juga alam, khususnya dalam menyambut hari Valentine ini," kata Nober.

×
Berita Terbaru Update